Sabtu, 18 Desember 2010

PERHITUNGAN STRUKTUR GELAGAR JEMBATAN KOMPOSIT

Pada postingan saya yang lalu, saya dah memberikan contoh perhitungan struktur Slab/lantai jenbatan beton. Untuk kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perhitungan struktur untuk gelagar/girder jembatan. Girder jembatan ini bisa kita rencanakan dengan bahan beton bertulang, atau juga bisa menggunakan profil baja (WF) yang dikenal dengan istilah komposit.

Perhitungan Struktur Jembatan Komposit ini merupakan salah satu proyek saya yang berjudul Perencanaan Revitalisasi Jembatan Dari Semi Permanen Menjadi Permanen Rayon A 100m' Kab. Rokan Hulu. Salah satu titik perencanaan ini adalah jembatan simpang D Kecamatan Rambah Hilir Kab. Rokan Hulu dengan bentang 18M.

Beban-beban yang kita perhitungkan pada gelagar jembatan ini hampir sama dengan beban beban yang bekerja pada perhitungan struktur slab jembatan. Bedanya adalah pada bebab hidup. Klo pada slab jembatan kita kenal namanya Beban "T” yang merupakan beban terpusat untuk lantai kendaraan. Untuk beban pada gelagar ini kita kenal beban lajur "D" terdiri dari beban terbagi rata (Uniformly Distributed Load), UDL dan beban garis (Knife Edge Load), UDL mempunyai intensitas q (kPa) yang besarnya tergantung pada panjang total L yg dibebani lalu-lintas atau dinyatakan dengan rumus sebagai berikut :
q = 8.0 kPa untuk L ≤ 30 m
q = 8.0 *( 0.5 + 15 / L )kPa untuk L > 30 m

Untuk beban-beban yang lain hampir sama dengan perhitungan struktur slab jembatan.

Selain perhitungan tentang girder jembatan, mengingat konstruksi ini adalah komposit antara beton bertulang dengan baja profil, maka perlu diperhitungkan tulangan geser yang bekerja antara slab beton dengan girder profil baja (shear connector).  Untuk lebih jelasnya langsung lihat aja pada contoh perhitungan struktur girder komposit yang bisa di download DISINI..

8 komentar:

Yendri mengatakan...

Lho kq nanggung mas???
Klu bsa mnta frmat cntoh perhtungan jmbatanya dunk, bngung ne ada tgas cma ga da bhan...

Trianto kurniawan mengatakan...

@yendri : iya ini memang lg nanggung... lg ngurus termin dulu yach, pemda dah mau tutup anggaran. Jd blm sempat lanjutkan posting tentang perhitungan struktur jembatan...harap maklum..

Anonim mengatakan...

ni perhitungan menggunakan BMS '92 ya mas. klo PPPJJR '87 ada ga mas perhitungannya. klo ga ada contoh perhitungannya PPPJJR nya aja...bis ada tugas ni mas

Trianto kurniawan mengatakan...

iya betul...klo ada yg lebih baru, kenapa pake yg lama.. :)
Klo perhitungan PPPJJR '87 saya gak ada. Tapi prinsipnya sama. Yang berbeda hanya pada kombinasi Pembebanan aja.

ovie dian mengatakan...

terima kash infonya....sangat bermanfaat buat TA sy,,,:)

Gada Bina Usaha mengatakan...

Salam Kenal ....Artikel yang Bagus
Gada Bina Usaha - Elastomer Jembatan

Rb Prajoga mengatakan...

relakan saya untuk mendownload artikel2 yg kebetulan sedanga saya cari......terima kasih mas_trianto

Anonim mengatakan...

mas triyanto saya mohon file excelnya boleh? kirim ke purna.prayogi@gmail.com
terimakasih banyak atas bantuannya

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger